PERHATIAN

Blog ini telah berhenti updatenya. Saya telah membuat blog baru yang lebih spesifik tentang pemrograman. Alamat blog baru saya di http://kasandolo.blogspot.com. Sebagian dari post saya di blog ini juga telah saya pindah ke blog baru saya tersebut. Semoga anda berkenan mengunjungi blog baru saya. Terima kasih.

Pengenalan PHP

PHP adalah sebuah bahasa pemrograman yang bagus untuk membuat sebuah halaman web yang dinamis dan interaktif. PHP telah digunakan secara luas. Penggunaan PHP juga gratis, sehingga menjadi pilihan alternatif selain bahasa pemrograman ASP dari Microsoft. PHP kependekan dari Hypertext Preprocessor. Seperti halnya ASP, PHP juga merupakan bahasa script yang dieksekusi oleh server ( server side ). PHP dapat mendukung berbagai database, misalnya MySQL, Oracle, Sybase, dan lain-lain. Karena PHP adalah open source, maka kita bebas untuk mendownload dan memakainya.


MySQL adalah software server pengolahan data. MySQL ideal untuk aplikasi yang kecil maupun besar. MySQL juga mendukung standar bahasa SQL, dan dapat berjalan pada banyak platform. Dan seperti halnnya PHP, MySQL juga bebas untuk di download dan digunakan.Saya juga menerangkan MySQL karena PHP hanya dapat dieksekusi di server, dan MySQL adalah server yang paling populer untuk digunakan dengan PHP.


Sebelum memulai untuk belajar mengenai PHP, anda terlebih dahulu harus mengetahui dasar-dasar dari HTML. Sedeangkan langkah teknis yang pertama kali harus anda kerjakan adalah menginstall web server pada komputer kita, atau mendaftar di webhosting yang mendukung script PHP dan MySQL. Karena kita baru pada tahap belajar, sebaiknya kita mengistall server pada komputer kita secara offline terlebih dahulu. Program web server yang sering digunakan antara lain XAMPP dan WAMP. Untuk XAMPP, kita dapat mendownloadnya di www.apachefriends.org. Sedangkan untuk wamp, kita dapat mendownloadnya dari www.wampserver.com.


0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP