PERHATIAN

Blog ini telah berhenti updatenya. Saya telah membuat blog baru yang lebih spesifik tentang pemrograman. Alamat blog baru saya di http://kasandolo.blogspot.com. Sebagian dari post saya di blog ini juga telah saya pindah ke blog baru saya tersebut. Semoga anda berkenan mengunjungi blog baru saya. Terima kasih.

Konversi Suhu Dengan Bahasa C

Saya sudah membuat program konversi suhu dengan menggunakan bahasa C. Rumus konversi saya dapat dari wikipedia. Pada program ini saya menggunakan pengulangan DO WHILE, serta pemilihan IF ELSE. Menurut saya, pembuatan program ini termasuk mudah. Karena dalam prakteknya, saya hanya mempraktekan cara input/output variable, operasi aritmatika, pengulangan dan pemilihan. Here's the sourceode.



#include <stdio.h>
#include <conio.h>
void main()
{
int pilihan,pilihan2;
float celcius,reamur,fahrenheit,kelvin,suhu_awal;
do
{
clrscr();
printf("PROGRAM KONVERSI SUHU\n");
printf("=====================");
printf("\n1. Celcius");
printf("\n2. Fahrenheit");
printf("\n3. Reamur");
printf("\n4. Kelvin");
printf("\nMasukan pilihan satuan awal ");
scanf("%d",&pilihan);
if (pilihan==1)
{
printf("\nMasukan suhu dalam satuan Celcius ");
scanf("%f",&suhu_awal);
fahrenheit=suhu_awal*1.8+32;
reamur=suhu_awal*0.8;
kelvin=suhu_awal+273.15;
celcius=suhu_awal;
}
else if(pilihan==2)
{
printf("\nMasukan suhu dalam satuan Fahrenheit ");
scanf("%f",&suhu_awal);
celcius=(suhu_awal-32)/1.8;
reamur=(suhu_awal-32)/2.25;
kelvin=(suhu_awal+459.67)/1.8;
fahrenheit=suhu_awal;
}
else if(pilihan==3)
{
printf("\nMasukan suhu dalam satuan Reamur ");
scanf("%f",&suhu_awal);
celcius=suhu_awal/0.8;
fahrenheit=suhu_awal*2.25+32;
kelvin=suhu_awal/0.8+273.15;
reamur=suhu_awal;
}
else if(pilihan==4)
{
printf("\nMasukan suhu dalam satuan Kelvin ");
scanf("%f",&suhu_awal);
celcius=suhu_awal-273.15;
fahrenheit=suhu_awal*1.8-459.67;
reamur=(suhu_awal-273.15)*0.8;
kelvin=suhu_awal;
}
else
{
printf("Pilihan anda salah, ulangi lagi? ");
printf("\n1.YA");
printf("\n2.TIDAK");
scanf("%d",&pilihan2);
}
printf("\nHasil konversi");
printf("\n==============");
printf("\nCelcius = %f",celcius);
printf("\nFahrenheit = %f",fahrenheit);
printf("\nReamur = %f",reamur);
printf("\nKelvin = %f",kelvin);
printf("\n\nKonversi selesai, ulangi lagi? ");
printf("\n1.YA");
printf("\n2.TIDAK\n");
scanf("%d",&pilihan2);
}
while (pilihan2==1);
}

Untuk program eksekusinya silahkan download di sini.

2 komentar:

Anonim,  16 Maret, 2010  

wueh........... kalah kiy aku

pupil 16 Maret, 2010  

Siapa ya, kok ndak ada namanya

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP