PERHATIAN

Blog ini telah berhenti updatenya. Saya telah membuat blog baru yang lebih spesifik tentang pemrograman. Alamat blog baru saya di http://kasandolo.blogspot.com. Sebagian dari post saya di blog ini juga telah saya pindah ke blog baru saya tersebut. Semoga anda berkenan mengunjungi blog baru saya. Terima kasih.

Elemen dan Atribut HTML

Elemen HTML adalah semua yang terletak mulai dari tag awal sampai tag akhir. Misalnya:




TAG awalIsi elemenTAG akhir
<p>Isi dari sebuah pragraf</p>
<a href=”link.html”>Link menuju halaman lain</a>
<br/>

Tag awal sering disebut tag pembuka, sedangkan tag akhir sering disebut tag penutup.

Sebuah elemen HTML dimulai dengan tag pembuka dan di akhiri dengan tag penutup. Isi dari elemen adalah semua yang ditulis diantara tag pembuka dan tag penutup. Hampir semua elemen HTML juga memiliki atribut. Mengenai atribut ini akan kita bahas nanti. Hampir semua elemen HTML bisa bersarang pada elemen HTML lain. Bahkan dokumen HTML berisi elemen HTML yang saling bersarang.

Berikut ini adalah contoh dokumen HTML atau halaman web sederhana:

<html>
<body>
<p>Mari belajar HTML</p>
</body>
</html>

Dokumen HTML di atas terdiri dari 3 elemen, berikut adalah penjelasannya:

  • Elemen <p>:

  • Elemen <p> adalah elemen untuk membuat paragraf di HTML. Elemen tersebut dibuka dengan tag <p> dan diakhiri sdengan tag </p>. Isi dari elemen tersebut adalah kalimat: Mari belajar HTML.

  • Elemen <body>:

  • Elemen ini merupakan isi utama dari sebuah halaman web. Karena apa yang nantinya akan ditampilkan di layar, di tulis pada elemen <body>. Elemen ini dimulai dengan tag <body>, diakhiri dengan tag </body>. Pada elemen ini terdapat elemen lain, yaitu elemen paragraf.

  • Elemen <html>

  • Elemen <html> menyatakan bahwa seluruh isi dokumen adalah dokumen HTML atau sebuah halaman web. Elemen ini dibuka dengan tag <html> dan diakhiri dengan tag </html>. Di dalam elemen ini terdapat elemen lain, yaitu elemen <body>.


Kebanyakan browser akan tetap menampilkan halaman web kita meski kita tidak menuliskan tag penutupnya. Tetapi sebaiknya kita tetap menulis tag penutupnya. Karena tanpa tag penutup, tampilan pada layar akan berbeda dengan yang kita harapkan. Selain itu juga versi HTML di masa yang akan datang mengharuskan kita untuk menuliskan tag penutup.

Pada HTML terdapat elemen kosong, yaitu elemen yang hanya memiliki tag pembuka saja. Contoh elemen kosong pada HTML adalah elemen <br>. Elemen ini berfungsi untuk berganti baris dan tidak memiliki tag penutup. Pada XHTML, XML, dan versi HTML yang akan datang, semua elemen harus ditutup. Dengan menambahkan tanda garis miring atau slash pada tag awal tersebut, seperti <br/>. Adalah cara yang tepat untuk menutup elemen. Cara ini dapat digunakan pada XHTML, XML, dan HTML itu sendiri.

Penulisan tag pada HTML adalah case-sensitive. Artinya tidak membedakan apakah kita menulis tag dengan huruf besar atau dengan huruf kecil. Banyak website di internet yang menggunakan tag dengan huruf besar pada halaman web mereka. Akan tetapi, sebaiknya kita menulis tag HTML dengan huruf kecil. Karena World Wide Web Consortium (W3C) merekomendasikan penggunaan huruf kecil dalam penulisan tag HTML. Dan pada versi HTML di masa yang akan datang akan mengharuskan penggunaan huruf kecil untuk penulisan tag.

Hampir semua elemen HTML memiliki artribut. Dengan atribut, kita bisa menambahkan informasi pada elemen HTML. Arribut selalu ditulis pada tag pembuka dan dengan format penulisan: nama_atribut=”nilai_atribut”. Berikut adalah penulisan atribut untuk elemen <font>.
<font size="15" face="tahoma" color="blue">teks uji coba</font>
Dengan penulisan atribut di atas, maka akan menampilkan elemen <font> (pengaturan huruf) dengan warna biru, ukuran 15 point, dan bertipe huruf tahoma.

Dalam penulisan nilai atribut, kita harus selalu mengapitnya dengan tanda petik( “ ” ). Kita boleh menggunakan petik ganda atau petik tunggal ( ' ' ). Namun pada beberapa kasus yang jarang terjadi, ketika nilai dari atribut mengandung tanda petik ganda, kita harus mengapit nilai atributnya dengan petik tunggal, seperti contoh: name='Andi “Smart” William'.

Seperti pada penulisan elemen HTML, penulisan nama dan nilai atribut juga case-insesitive. Namun demikian, W3C juga menyarankan untuk menggunakan huruf kecil pada penulisan nama dan nilai atribut pada HTML versi 4. untuk diketahui, versi HTML yang lebih baru akan mengharuskan penggunaan huruf kecil untuk penulisan atribut.

0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP