PERHATIAN

Blog ini telah berhenti updatenya. Saya telah membuat blog baru yang lebih spesifik tentang pemrograman. Alamat blog baru saya di http://kasandolo.blogspot.com. Sebagian dari post saya di blog ini juga telah saya pindah ke blog baru saya tersebut. Semoga anda berkenan mengunjungi blog baru saya. Terima kasih.

String Pada PHP

Variable string di PHP digunakan untuk menyimpan data yang berupa karakter. Yang akan saya bahas pada posting ini adalah fungsi yang paling sering digunakan dan operator yang digunakan untuk mengolah string di PHP. String bisa langsung digunakan pada fungsi atau disimpan di variable. Setelah string dibuat, kita bisa mengaturnya. Berikut script untuk menyimpan string “Mari belajar PHP” di variable $text.

<?php
$text=”Mari belajar PHP”;
echo $text;
?>


Pada pemrograman PHP hanya terdapat satu operator string, yaitu penggabungan.

<?php
$text1=”Hari ini adalah hari yang indah,”;
$text2=”Waktu yang tepat untuk jalan-jalan.”;
echo $text1 . ” “ . $text2;
?>
Output dari kode di atas adalah:
Hari ini adalah hari yang indah, waktu yang tepat untuk jalan-jalan.
Pada kode di atas, saya memakai 2 kali operator penggabungan, ini karena saya menggunakan spasi antara 2 string tersebut.


Fungsi-fungsi yang berkaitan dengan string antara lain strlen() dan strpos(). Fungsi strlen() digunakan untuk mengetahui panjang darri sebuah string. Contoh:

<?php
echo strlen(“Mari belajar PHP”);
?>
Program di atas akan menampilkan angka 16 di layar, karena panjang strring adalah 16 karakter.


Fungsi strpos() digunakan untuk mengetahui posisi dari sebuah karakter atau string di dalam string. Bila ditemukan, maka pada layar akan menampilkan posisi karakter atau string tersebut. Tapi bila tidak ditemukan, maka layar akan mengembalikan nilai false. Contoh:

<?php
echo strpos(“Mari belajar PHP”,”PHP”);
?>
Meskipun PHP berada di urutan 14, tampilan pada layar akan menunjukan angka 13, ini karena pengurutan karakter dimulai dari angka 0, bukan 1.Mengenai fungsi string yang lainnya, akan saya tulis di lain waktu.

0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP