PERHATIAN

Blog ini telah berhenti updatenya. Saya telah membuat blog baru yang lebih spesifik tentang pemrograman. Alamat blog baru saya di http://kasandolo.blogspot.com. Sebagian dari post saya di blog ini juga telah saya pindah ke blog baru saya tersebut. Semoga anda berkenan mengunjungi blog baru saya. Terima kasih.

Pengenalan Javascript

Javascript adalah bahasa script yang paling populer di internet. Selain itu juga javascript sekarang ini sudah di dukung oleh semua browser terkenal, seperti Internet Explorer, Mozilla Firefox, Opera, dll. Sebelum kita mempelajari javascript, terlebih dahulu kita harus mengetahui dasar-dasar dari HTML. Javascript didesain untuk membuat halaman web menjadi lebih interaktif. Javascript adalah bahasa script, yaitu bahasa pemrograman kelas ringan. Javascript biasanya disispkan langsung ke halaman web yang merupakan dokumen HTML. Javascript adalah bahasa yang diinterprtasikan, artinya script yang ditulis langsung dieksekusi tanpa ada kompilasi terlebih dahulu. Penggunaan javascript ini gratis, tanpa harus membeli lisensinya.


Java dan javascript, meskipun memiliki nama yang kelihatannya berhubungan, tetapi ternyata tidak. Hubungan keduanya hanyalah dua-duanya dikembangkan dari bahasa pemnrograman C dan C++. Java (yang dikembangkan oleh Sun Microsystems) merupakan bahasa pemrograman yang lebih berat dan lebih rumit.


Keunggulan dari javascript antara lain:


  • Javascript memberikan seorang web designer sebuah alat pemrograman. Karena javascript adalah bahasa pemrograman yang sangat sederhana, hampir semua orang bisa memasukan potongan kecil kode pemrograman ke dalam halaman web yang mereka buat.

  • Javascript bisa meletak teks dinamis ke dalam halaman web. Misalnya,
    document.write("<h1>"+nama+"</h1>") dengan kode tersebut kita bisa mencetak teks yang bervariasi ke dalam halaman web kita.

  • Javascript mampu bereaksi terhadap keadaan. Javascript bisa di set agar mengeksekusi scriptnya ketika ada suatu hal. Misalnya ketika sebuah halaman web selesai dimuat oleh browser, atau ketika seorang pengunjung situs kita mengklik pada elemen HTML tertentu.

  • Javascript mampu membaca dan menulis elemen HTML. Javascript mampu membaca, dan kemudian mengganti isi dari sebuah elemen HTML.

  • Javascript mampu memvalidasi data. Javascript bisa digunakan untuk mengecek kebenaran data sebelum dikirimkan ke server. Dengan demikian server dapat terhindar dari kelebihan beban.

  • Javascript mampu mendeteksi browser pengunjung. Javascript bisa digunakan untuk mendeteksi browser apa yang digunakan oleh pengunjung situs kita. Dan kemudian berdasarkan dari browser yang dipakai pengunjung, javascript bisa memberikan halaman yang sudah dikhususkan untuk browser tersebut.

  • Javascript mampu membuat cookies. Javascript bisa kita gunakan untuk menyimpan dan menerima data atau informasi pada komputer pengunjung halaman web kita.


Nama resmi dari javascript adalah ECMAScript. ECMAScript dikembangkan oleh ECMA orgasnization, yaitu sebuah organisasi internasional yang menerapkan standar untuk sistem informasi dan komunikasi. ECMA-262 adalah standar resmi dari javascript. Bahasa pemrograman ini ditemukan oleh Brendan Eich do Netscape ( dengan navigator 2.0 ) dan mulai diterapkan pada semua browser dari Netscape dan Microsoft sejak tahun 1996. Pengembangan dari ECMA-262 dimulai pada tahun 1996, dan edisi pertamanya diadopsi oleh ECMA General Assemblt pada juni 1997. Standar tersebut kemudian disetujui sebagai standar internasional ISO ( ISO/IEC 16262) pada tahun 1998. Pengembangan dari standar ini sampai sekarang masih dikembangkan.

0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP