PERHATIAN

Blog ini telah berhenti updatenya. Saya telah membuat blog baru yang lebih spesifik tentang pemrograman. Alamat blog baru saya di http://kasandolo.blogspot.com. Sebagian dari post saya di blog ini juga telah saya pindah ke blog baru saya tersebut. Semoga anda berkenan mengunjungi blog baru saya. Terima kasih.

Menggunakan Javascript di Halaman Web

Untuk menyisipkan kode javascript kita menggunakan tag HTML <script>. Tag <script> bisa diletakkan diantara tag <head> ataupun di didalam tag <body>. Berikut adalah contohnya.

<html>
<body>
<script type=”text/javascript”>
document.write(”Mari belajar javascript”);
</script>
</body>
Bila dijalankan, maka akan menghasilkan tulisan:
“Mari belajar javascript”
Fungsi dari document.write adalah mencetak tulisan yang ada dalam tanda kurung. Bila kita tidak menambahkan tag <script> maka yang tercetak adalah seluruh baris termasuk tulisan “document.write”. Hal ini karena tanpa tag <script> maka seluruh baris akan dianggap sebagai teks biasa.


Apabila kita menggunakan browser yang tidak mendukung javascript, maka kode javascript juga akan dianggap sebagai teks biasa dan akan ditampilkan seperti apa adanya. Untuk mengatasi masalah ini, kita menggunakan tag komentar dari HTML. Berikut adalah contoh apabila kita menggunakan browser yang sederhana.
<html>
<body>
<script type=”text/javascript”>
<!--
document.write(“Mari belajar javascript”);
//-->
</body>
</html>
Dengan menambahkan tag <!-- tepat sebelum kode javascript, dan kode --> tepat sesudah kode javascript, maka browser yang tidak mendukung javascript, akan menganggap kode javascript sebagai komentar, dan tidak akan ditampilkan di halaman web. Tanda garis miring ( // ) adalah tanda untuk membuat komentar di javascript, jadi buatlah dua garis miring sebelum menulis tag --> agar browser yang mendukung javascript tidak menjalankan tag -->.

0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP