PERHATIAN

Blog ini telah berhenti updatenya. Saya telah membuat blog baru yang lebih spesifik tentang pemrograman. Alamat blog baru saya di http://kasandolo.blogspot.com. Sebagian dari post saya di blog ini juga telah saya pindah ke blog baru saya tersebut. Semoga anda berkenan mengunjungi blog baru saya. Terima kasih.

Pengenalan Bahasa C

Bahasa C adalah bahasa pemrograman yang dibuat untuk tujuan umum. Dikembangkan di tahun 1972 oleh Dennis Ritchie di Bell Telephone Laboratories untuk sistem operasi UNIX. Meskipun bahasa C didesain untuk pengembangan software sistem, tapi bahasa C juga bisa digunakan dengan baik untuk pengembangan software aplikasi. Bahasa C adalah bahasa pemrograman yang populer, sehingga memberikan pengaruh kepada banyak bahasa pemrograman lain seperti JAVA, javascript, C++, dan lain-lain.


Sebelum memulai belajar pemrograman bahasa C, kita terlebih dahulu harus memiliki kompiler. Karena kita masih dalam tahap belajar, lebih bagus lagi kalo kita memiliki IDE untuk bahasa C. IDE yang dimaksud adalah Integrated Development Environment. Yaitu sebuah aplikasi yang memberikan kita ruang lingkup untuk pengembangan pemrograman tertentu. Di sini, IDE yang kita butuhkan adalah IDE untuk pemrograman bahasa C, beberapa contohnya antara lain:

  1. borland
  2. MS visual C++
  3. Dev++
  4. eclips
  5. dan lain-lain
IDE yang saya gunakan di sini adalah MS Visual C++ 2008 express edition dari microsoft. Setelah anda mendownload aplikasinya, silahkan anda install. Tentu saja dalam peng-instalan tidak perlu saya jelaskan, karena dalam platform windows, proses penginstallan suatu aplikasi sangatlah mudah.


Sekarang, setelah anda menginstall IDE untuk pemrograman C, marilah kita mulai membuat program. Pertama, marilah kita membuat program yang akan mencetak kalimat "Ayo belajar dengan giat". Nah, berikut ini adalah program untuk mencetak kalimat tersebut:

#include <stdio.h>
void main()
{
printf(“Ayo belajar dengan giat”);
}

0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP