PERHATIAN

Blog ini telah berhenti updatenya. Saya telah membuat blog baru yang lebih spesifik tentang pemrograman. Alamat blog baru saya di http://kasandolo.blogspot.com. Sebagian dari post saya di blog ini juga telah saya pindah ke blog baru saya tersebut. Semoga anda berkenan mengunjungi blog baru saya. Terima kasih.

Pengenalan HTML

HTML adalah sebuah bahasa untuk menampilkan sebuah halaman web. HTML kepanjangan dari Hyper Text Markup Language. HTML bukan merupakan bahasa pemrograman, tetapi merupakan bahasa markup ( markah ). Sebuah bahasa markup terdiri dari sekumpulan tag-tag. HTML menggunakan tag markup untuk menampilkan halaman web.


Tag-tag HTML adalah sekumpulan kata kunci yang diapit oleh tanda lebih kecil “<” dan tanda lebih besar “>”, misalnya <html>. Tag HTML biasanya berpasangan seperti <b> dan </b>. Tag yang pertama disebut tag pembuka dan yang kedua disebut tag penutup.


Sebuah dokumen HTML dibuat untuk menggambarkan sebuah halaman web. Karena itulah dokumen HTML bisa juga disebut halaman web. Dokumen HTML tersebut berisi tag-tag HTML dan teks biasa. Tujuan dari sebuah web browser (misalnya Internet Explorer atau Firefox) adalah untuk membaca dokumen HTML tersebut dan menampilkanya sebagai sebuah halaman web. Browser tersebut tidak menampilakan tag-tag HTML, tetapi menggunakan tag-tag tersebut untuk menginterpretasikan isi dari sebuah halaman web.


Untuk membuat dokumen HTML yang dibutuhkan hanyalah sebuah teks editor (misal: notepad) untuk menulis tag-tag HTML dan sebuah web browser untuk melihat halaman web yang kita buat. Selain dengan notepad, bisa juga dengan aplikasi khusus untuk membuat halaman web, misalnya frontpage, Dreamweaver, atau yang lainnya. Tetapi saya sarankan lebih baik anda menggunakan notepad daripada dengan aplikasi khusus. Karena dengan demikian anda jadi terbiasa dengan tag-tag HTML.


Berikut ini adalah contoh sederhana sebuah dokumen HTML:


<html>
<body>
<h1>Judul Teks</h1>
<p>Isi dari teks yang berupa paragraf</p>
</body>
</html>

Bila dibuka dengan browser, maka akan menampilkan kalimat:

Judul Teks

Isi dari teks yang berupa paragraf

0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP