PERHATIAN

Blog ini telah berhenti updatenya. Saya telah membuat blog baru yang lebih spesifik tentang pemrograman. Alamat blog baru saya di http://kasandolo.blogspot.com. Sebagian dari post saya di blog ini juga telah saya pindah ke blog baru saya tersebut. Semoga anda berkenan mengunjungi blog baru saya. Terima kasih.

Operasi Pada Segitiga

          Berikut ini adalah source code dengan C++ untuk membuat aplikasi operasi pada segitiga. Dalam pembuatan aplikasi ini saya menggunakan pengulangan DO WHILE dan pemilihan IF ELSE. Selain itu saya juga menggunakan fungsi akar sqrt(). Dimana untuk menggunakan fungsi akar diperlukan header file <math.h>.
Aplikasi ini adalah aplikasi dengan sourcecode terpanjang yang pernah saya buat. Berikut sebagian sourcecodenya:


//instruksi menu utama
printf("OPERASI SEGITIGA\n");
printf("Pilih jenis segitiga\n");
printf("1. segitiga sembarang\n");
printf("2. segitiga siku-siku\n");
printf("3. segitiga sama kaki\n");
printf("4. segitiga sama sisi\n");
scanf_s("%d",&jenis);
//masuk ke pilihan segitiga sembarang
if(jenis==1)
{
//awal pengulangan segitiga sembarang
do
{
//cetak instruksi segitiga sembarang
printf("Masukan ketiga sisi segitiga sembarang.\n");
printf("sisi a = ");
scanf_s("%f",&a);
printf("sisi b = ");
scanf_s("%f",&b);
printf("sisi c = ");
scanf_s("%f",&c);
//operasi bila data input error
if(a<=0 || b<=0 || c<=0)
{
printf("Maaf, data yang anda masukan tidak valid.\n");
printf("Apakah anda ingin mencoba lagi?\n");
printf("1. YA\n");
printf("2. TIDAK(kembali ke menu utama)\n");
printf("3. TIDAK(keluar)\n\n\n");
scanf_s("%d",&ulangi);
}
//operasi segitiga sembarang
else
{
keliling=a+b+c;
s=keliling/2;
luas2=s*(s-a)*(s-b)*(s-c);
luas=sqrt(luas2);
}
//cetak hasil segitiga sembarang
printf("sisi pertama = %f\n",a);
printf("sisi kedua = %f\n",b);
printf("sisi ketiga = %f\n",c);
printf("Luas = %f\n",luas);
printf("Keliling = %f\n\n\n",keliling);
printf("Apakah anda ingin melakukan perhitungan lagi? \n");
printf("1. YA\n");
printf("2. TIDAK(kembali ke menu utama)\n");
printf("3. TIDAK(keluar)\n");
scanf_s("%d",&ulangi);
}
//akhir pengulangan segitiga sembarang
while(ulangi==1);
Karena sourcecode yang terlalu panjang, maka tidak saya tulis disini, tetapi silahkan download disini.

0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP