PERHATIAN

Blog ini telah berhenti updatenya. Saya telah membuat blog baru yang lebih spesifik tentang pemrograman. Alamat blog baru saya di http://kasandolo.blogspot.com. Sebagian dari post saya di blog ini juga telah saya pindah ke blog baru saya tersebut. Semoga anda berkenan mengunjungi blog baru saya. Terima kasih.

Pengenalan CSS

CSS kepanjangan dari Cascading Styles Sheet. Style menggambarkan bagaimana elemen-elemen HTML ditampilkan. Style di tambahkan pada HTML versi 4.0 untuk memecahkan masalah yang ada. Dengan CSS ini bisa menghemat banyak waktu dalam mengerjakan sebuah halaman web. Sebelum memulai belajar CSS anda terlebih dahulu harus mengenal dasar dari HTML.


Sebenarnya HTML tidak dibuat untuk memformat dokumen, tetapi hanya mendefinisikan sebuah dokumen, misalnya:

<h1>Ini Adalah Sebuah Judul</h1>
<p>Ini adalah sebuah paragraf</p>

Ketika tag-tag seperti <font>, dan atribut warna ditambahkan ke HTML versi 3.2, Hal ini menjadi kerugian bagi para web developer. Untuk membuat sebuah halaman web yang luas, dimana huruf dan warna di setiap bagian halaman bisa berbeda, hal ini menyebabkan pembuatan web menjadi sebuah proses yang panjang dan mahal. Untuk memecahkan masalah ini World Wide Consortium (W3C) menciptakan CSS. Pada HTML versi 4.0, semua tag-tag pemformatan bisa dihilangkan dari HTML, dan ditulis pada file CSS yang terpisah dari dokumen HTML. Semua browser sekarang ini sudah mendukung CSS.

CSS menggambarkan bagaimana elemen-elemen HTML ditampilkan. Style-style biasanya disimpan pada file yang terpisah, yaitu pada file .css. Dengan style yang terpisah memungkinkan kita untuk merubah tampilan seluruh halaman web hanya dengan mengedit sebuah file saja. Pada CSS terdapat dua bagian utama, yaitu sebuah selector dan beberapa deklarasi. Selector biasanya adalah elemen HTML yang ingin kita atur style-nya. Sedangkan setiap deklarasi terdiri dari properti dan value. Properti adalah atribut dari style yang ingin kita ubah. Setiap properti memiliki value.

Deklarasi dari CSS selalu diakhiri dengan tanda titik koma ( “;” ), dan blok deklarasi diakhiri dengan tanda kurung kurawal ( “{“ “}”). Berikut ini adalah contoh pendeklarasian pada CSS.

p {color:red;text-align:center;}

Atau untuk lebih memudahkan dalam memahami, bisa kita tulis setiap deklarasi pada baris yang berbeda, seperti berikut ini.

p
{
color:red;
text-align:center;
}

0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP