PERHATIAN

Blog ini telah berhenti updatenya. Saya telah membuat blog baru yang lebih spesifik tentang pemrograman. Alamat blog baru saya di http://kasandolo.blogspot.com. Sebagian dari post saya di blog ini juga telah saya pindah ke blog baru saya tersebut. Semoga anda berkenan mengunjungi blog baru saya. Terima kasih.

Ganjil atau Genap

Berikut ini adalah program untuk menentukan apakah suatu bilangan adalah bilangan ganjil atau genap. Yang baru dari program ini adalah adanya operasi modulus yang dilambangkan dengan tanda persen (%). Modulus artinya sisa pembagian dari suatu bilangan dengan bilanga lain. misalnya 4%2 akan menghasilkan nilai 0, karena 4 bila dibagi 2 akan habis. Contoh lagi 5%2 akan menghasilkan 1, karena 5 dibagi 2 sisanya adalah 1. Berikut adalah contoh programnya:

#include
#include
int main()
{
int angka,hasil;
printf("Masukan sebuah angka: ");
scanf("%d",&angka);
/*maksud dari kode di bawah ini adalah modulus(sisa pembagian)
variable angka terhadap 2.*/
hasil=angka%2;
if(hasil==0)
{
printf("\nAngka yang anda masukan adalah angka genap");
}
else
printf("\nAngka yang anda masukan adalah angka ganjil");
getch();
}

Untuk program eksekusinya silahkan download di:
ganjilgenap.zip

0 komentar:

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP